helpdesk oh… helpdesk…


Sudah 6 ulan neh aku duduk sebagai helpdesk nya SISFO Tel-U… hmmmm banyak banged cerita tentang helpdesk. Oya sebelum aku cerita pengelaman selama 6 bulan, aku pengen sedikit share apa sih Helpdesk IT itu… apa aja sih yang dikerjakan sama seorang helpdesk IT itu. Banyak yang bilang Helpdesk cuma duduk dan terima telpon doang… siapa bilang…..

Konon… haiah pake kata konon… ya maklum aja karena ini bukan kata aku… (biar gak dibilang plagiat aja ha ha ha)..

Kita sering banged mendengar kata helpdesk, sebenarnya apa sih helpdesk dan apa tugas dan tanggung jawab dan kewajiban seorang helpdesk. Biasaya dalam sebuah perusahaan yang besar pasti salah satunya ada helpdesk IT. Helpdesk terdiri tim yang berada pada lapisan pertama yang harus berhubungan dengan user atau owner bila mendapatkan sebuah masalah dan kesulitan mengenai pekerjaan terutama yang menyangkut dengan IT dan disini peran Helpdesk sangat diperlukan untuk membantu menyelesaikan permasalahn tersebut.

Helpdesk pada dasarnya adalah sebuah center point dimana masalah atau issue dilaporkan dan diatur secara terurut dan diorganisasikan. Dari perspektif umum, helpdesk merupakan bagian pelengkap dari sebuah fungsi pelayanan, dan bertanggung jawab sebagai sumber dari pemecahan masalah atau issue lainnya. (http://www.help-desk-world.com/help-desk.htm ).

Menurut Wooten (2001, p5), ”Helpdesk is a formal organization that provides support function to users of the companies product, services, or technology”. Jadi helpdesk merupakan bagian dari perusahaan yang menyediakan dokumen fungsi produk, servis atau teknologi dari perusahaan tersebut.

Helpdesk adalah sebuah departemen atau bagian dalam perusahaan yang melayani atau menanggapi pertanyaan teknis pengguna. Helpdesk digunakan untuk menjawab pertanyaanclient. Pertanyaan dan jawaban dapat disampaikan melalui telepon, email, web atau fax. Bahkan ada software helpdesk yang membuat orang lebih mudah untuk menjalankan helpdesk dengan cepat untuk menemukan jawaban yang bersifat umum. (http://www.webpcwebipedia.com )

 

Berdasarkan definisi diatas helpdesk merupakan bagian struktur atau program yang menangani pertanyaan dan keluhan baik itu dari pihak internal atau pihal eksternal dengan menyediakan informasi atau solusi yang dibutuhkan pengguna.

 

Helpdesk dapat memberikan solusi atas pertanyaan – pertanyaan dalam kurun waktu singkat,  Helpdesk dapat mengecek permasalahan yang ada dan mengatur pembagian staff, Helpdesk dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dalam menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan, Helpdesk dapat memberi laporan kerja perkembangan kinerja para staff dan pimpinan,  Helpdesk dapat menangani pertanyaan dan keluhan yang sejenis karena pertanyaan dan keluhan dicatat.

Loh kok jadi serius… padahal tadinya Cuma mau cerita doang he he he….. gini nih helpdesk versi aku

 

Helpdesk = petunjuk jalan

User : siang… dengan helpdesk?

HD : betul mba, ada yang bisa kami bantu?

User : Mba saya posisi di pasteur…. Kalo saya mau ke gedung sate harus lewat mana ya mba….?

HD: #$@$#@

 

Helpdesk=Tempat Curhat

User : Sore mba helpdesk..

HD : Sore bu, ada yang bisa kami bantu…

User : Ini Mba Nilai anak saya D semua…biar jadi B atau A gemana ya mba?

HD : Ibu Sudah menghubungi dosen wali anak ibu?

User : Belum mba… begini mba…. Anak saya baru aja putus sama pacarnya…. Kaiaknya dia down jadinya nilainya jelek jelek… kasian loh mba anak saya diselingkuhi… katanya selingkuhannya sekelas pula… saya sebagai ibu sangat sedih..

HD : hmmmmm

User : Saya sudah menghibur anak saya kalo cewek bukan dia aja…. Tapi dia tetep sedih…

HD : oh gitu ya bu…. Mungkin tu proses pendewasaan anak ibu… insyaallah dia pasti bisa melewatinya dan nilainya pasti bakal bagus lagi…

User : Iya ya mba….. makasih sarannya ya mba…. Sangat melegakan saya… selamat sore…

HD : Fiuuh…

 

Helpesk : Tempat nya orang bingung yang marah

HD : Dengan Helpdesk Sisfo, selamat siang…

User : Mba ini SSO saya gak bisa jalan… kenapa yah….

HD : Maaf bisa tau usernya :

User : Mba ini gemana sih…. Kan rahasia mba… ngapain sih mba Tanya Tanya user aku segala…. Tagani aja dulu complain saya…

HD :  arrghhhhh (gemana mau mengeksekusi cintahhhh)

HD : Maaf pak saya nggak bisa mengeksekusi kalo bapak tidak menebutkan usernya…. Atas nama siapa yang arus saya eksekusi

User : Gemana sih ini…. Katanya helpdesk tapi gak bisa apa apa…. Gak bener neh (sambal nutup telp)

HD : gubrag deh…

 

Helpdesk = 108

User : selamat siang dengan helpdesk

HD : Siang mba, ada yang bisa kami bantu

User : Saya mau Tanya no telp pizza hut

HD : Hah…??? Maaf mba kami tidak tau..

User : Loh gemana sih katanya helpdesk… (nutup telp)

HD : (kalo HD dikasih pasti aku kasih tau telpnya deh mba….ha ha ha)

 

Nah itu sekelumit cerita keadaan Helpdesk sisfo selama 6 bulan ini…. Banyak lagi sih, ada cerita lucu, ada cerita yang menguras emosi… dan yang bikin sakit itu kalo orang udah marah marah padahal dia sendiri nggak ngerti permasalahannya he he he… tapi asyiek ternyata…berhadapan dengan aneka user itu… jadi Tetap senyum untuk  melayani he he he

 


2 responses to “helpdesk oh… helpdesk…”

  1. Koo beda yah helpdesk IT d tempat saya !!!!
    Buat Program pintu masuk dan keluar sperti d busway, masang cctv, penggandaan barang, installasi jaringan, setting mikrotik
    Padahal saya helpdesk

    • hai hai… mungkin tergantung jobdesknya yah…. kalo dikami yang menangani nya nanti ada bagian khusus….thanks sudah mampir ke sesama helpdesk IT

Leave a Reply